JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis?

Fatimah Millenia Fauziah (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena terbatasnya artikel tinjauan terkait hal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah systematic literature review guna mengidenfitikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian yang ada dengan topik yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang ditentukan. Jumlah artikel ditemukan sebanyak 43, kemudian tereduksi menjadi 17 yang sesuai dengan research question dan selanjutnya menjadi 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara KPS dengan keterampilan berpikir kritis. Kemdian, pembelajaran berbasis KPS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria kegiatan pembelajaran memberi pengalaman belajar mencari dan penemuan serta mengarah pada pemecahan suatu masalah dengan metode, pendekatan, atau model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu problem based learning, inquiry discovery learning, inkuiri terbimbing berorientasi proses, dan SETS. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis KPS pada kegiatan pembelajaran terbukti efektif penguasaan KPS dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...