Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMP Nasrani 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah pre-experimental design one-shot case study dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang yang penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep IPA (fisika) adalah 77.4 dengan standar devias 6.58, tergolong baik dan nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah sebesar 80.16, dengan standar deviasi 6.28 tergolong baik yang secara umum dapat mencapa kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Persamaan regresi linier sederhana Y atas X adalah Y = 20,051+ 0,778 X, dan melalui uji linieritas regresi diperoleh nilai F = 90.703 dan sig. (pvalue) < 0.05 yang menyatakan bahwa kedua varians variabel adalah linier. Selanjutnya indeks koefisien korelasi (r) sebesar 0.815 tergolong tinggi, nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.6642. Nilai t diperoleh sebesar 9.524 dan sig. (pvalue) < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa penguasaan konsep berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik kelas X SMP Nasrani 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2022