JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Isi Bacaan melalui Model Content Literacy (CL) di Sekolah Dasar Kota Langsa

Husaini Husaini (Universitas Sains Cut Nyak Dhien)
Maulida Sari (Universitas Sains Cut Nyak Dhien)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Membaca merupakan salah satu kegiatan kebahasaan yang sangat diperlukan oleh pesrta didik. Membaca tidak hanya melafalkan kata-kata yang tertulis disebuh teks namun juga pemindahan informasi sesuai denga apa yang dikehendaki penulis (transfer ilmu). Transfer ilmu ini sendiri sangat bergantung pada pemahaman peserta didik terkait isi bacaan. Salah satu metode yang ingin penulis kembangkan adalah Content Literacy (CL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman isi bacaan siswa kelas IV Kota Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Deskripsi Kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test Post-Test Group Desain Sampel pada penelitian ini adalah tiga sekolah SD/MIN Kota Langsa yaitu MIN 2 Kota Langsa, SD IT Al-Marhamah, dan SD Negri 1 Langsa. berdasarkan penerapan metode tersebut, ditemukan bahwa penggunaan metode CL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Wilxocon dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kelas pembelajaran CL mengalami peningkatan sebesar 4,81. Hal tersebut membuktikan pembelajaran model Cl dapat meningkatkan kemampuan isi bacaan siswa sekolah dasar di Kota Langsa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...