JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis HOTS Tema Pemanfaatan Gelombang untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Viera Rahmaniasan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Liska Berlian (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dwi Indah Suryani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Pada kurikulum 2013, siswa dituntut mempunyai kemampuan berpikir secara tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS), yaitu berpikir secara kritis, pemecahan masalah hingga kreatif. Maka dari itu, diperlukannya instrumen tes yang bisa menumbuhkan kemampuan berpikir secara tingkat tinggi, yaitu instrumen tes two-tier multiple choice dengan tema pemanfaatan gelombang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat validasi dari instrumen tes two-tier multiple choice pada tema pemanfaatan gelombang. Metode yang dipakai yaitu R&D dengan modifikasi model pengembangan 4-D. Hasil penelitian ini memperlihatkan secara keseluruhan tingkat validasi yang didapat yaitu sebesar 94% dengan kriteria sangat valid, dengan rincian validasi ahli materi sebesar 92%, validasi ahli evaluasi 93% dan evaluasi ahli guru IPA sebesar 97%, maka dari itu instrumen tes tes two-tier multiple choice pada tema pemanfaatan gelombang ini sangat valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...