JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Power Point Interaktif Menggunakan Pendekatan CTL Tema Sungaiku Tercemar dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Indriyani Cahyuningsih (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Liska Berlian (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Proses pembelajaran siswa SMP saat ini belum memiliki kemampuan berpikir kritis, karena media pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi power point interaktif menggunakan pendekatan CTL pada tema sungaiku tercemar untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (RnD) dari Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dan dibatasi hingga uji coba terbatas. Penilaian validasi dinilai oleh para ahli menggunakan lembar instrumen sedangkan penilaian siswa menggunakan angket respon siswa. Efisiensi media power point interaktif menggunakan pendekatan CTL untuk menumbuhkan kemampuan berpikir siswa kelas VII didapatkan nilai sebesar 84,6% dengan kriteria Sangat Efisien. Berdasarkan penilaian tersebut media power point interaktif sangat efisien dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...