JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Karmila Nur Safitri (Universitas Mulawarman)
Tri Wahyuningsih (Universitas Mulawarman)
Erna Suhartini (Universitas Mulawarman)
Yudo Dwiyono (Universitas Mulawarman)
Andi Asrafiani Arafah (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Hasil observasi menujukkan bahwa kurang maksimalnya pengembangan LKPD terutama pada pembelajaran IPA materi siklus air yang seharusnya disesuai dengan perkembangan abad 21, hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar peserta didik sebesar 69,58. Sebagaimana pembelajaran IPA ialah pembelajaran yang menyenangkan jika dikreasikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model pengembangan Borg and Gall yang melalui delapan tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain LKPD, validasi, revisi, ujicoba kelompok kecil, revisi lanjutan, dan ujicoba kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan validasi ahli materi dan ahli media yaitu dengan masing-masing skor sebesar 4,93 dan 4,88 dengan kriteria sangat valid, serta hasil ujicoba kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik dengan rata-rata skor 4,19 dengan kriteria baik dan hasil ujicoba kelompok besar sebanyak 26 peserta didik dengan rata-rata skor 4,24 dengan kriteria sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD berbasis STEM materi siklus air ini layak digunakan sebagai pendamping pembelajaran peserta didik. Pengalokasian waktu pengerjaan LKPD dan desain yang menarik dengan bantuan media lain diharapkan mampu memperbaiki kekurangan penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...