Guru fisika merasa bahwa tugas mereka hanyalah untuk mengajarkan materi fisika, bukan menanamkan karakter. Tentunya pandangan ini tidak tepat, karena sebagai sorang guru memiliki tugas untuk mendidik. Mendidik berbeda dengan hanya sebagai pengajar karena pendidik memiliki kewajiban ikut terlibat dalam proses penanaman dan pembentukan karakter parasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendesain kurikulum pembelajaran Fisika terintegrasi etnosain untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Data dalam penelitian berupa data sekunder. Data sekunder yang digunakan yaitu buku, jurnal, atau sumber ilmiah lainnya. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni collection, reduction, display, conclusion and verifying. Desain kurikulum pembelajaran Fisika terintegrasi etnosain adalah rancangan proses pembelajaran yang sistematis dengan mengintegrasikan budaya atau kearifan lokal dalam pembelajaran fisika. Pendekatan etnosains dalam pembelajaran selain melestarikan potensi budaya bangsa, juga sebagai upaya peningkatan keilmuan kemampuan literasi dan berpikir siswa serta menjadikan siswa berdaya saing dalam menghadapi era globalisasi dan modernisasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022