Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 2 No 1 (2022)

PERBEDAAN PEMBELAJARAN DARING ASINKRONUS DENGAN SINKRONUS METODE 5M MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA DI MTs Al-Mu’thiyah Sukabumi

yefi, Yefi Indah Wahyuni (Unknown)
Fahimul Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan adanya perbedaan antara pembelajaran daring sinkronus dengan daring asinkronus menggunakan metode 5M merdeka belajar dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di MTs Al-Mu’thiyah Sukabumi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen soal belajar pretest postest, dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dan data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran daring sinkronus dengan daring asinkronus menggunakan metode 5M merdeka belajar dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa di MTs Al-Mu’thiyah Sukabumi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran daring Sinkronus lebih efektif untuk meningkatkan belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran daring Asinkronus. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi tenaga pendidik untuk dapat lebih mempertimbangkan jenis dan media dalam melakukan proses pembelajaran daring serta menerapkan pretest postest untuk mengukur keberhasilan suatu pembelajaran. Diharapkan tenaga pendidik dapat membuat pembelajaran lebih efektif sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...