Instructional Development Journal
Vol 5, No 1 (2022): IDJ

Pemanfaatan Media Audio Visual Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa

Alvathera Bima Praditya (Universitas Ahmad Dahlan)
Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana (Universitas Ahmad Dahlan)
Dafiq Nur Muttaqin (Universitas Ahmad Dahlan)
Elisa Putri Kholifah (Universita Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Dalam proses pembelajaran, komunikasi menjadi bagian terpenting yang menunjang tercapainya tujuan belajar. Melalui komunikasi maka akan tercipta sebuah kesepakatan dan hal imbal balik antara dua orang atau lebih dan juga penyampaian pesan yakni antara monitor dan audiens atau antara gauru dan murid. Penyampaian monitor kepada audiens terbilang banyak jenisnya, ada symbol, pesan verbal atau non verbal. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui seberapa efektifnya pembelajaran dengan media yang cukup menesankan yakni media audio-visual dalam kesiapan dan hasil belajar peserta didik yang terkhusus di pondok pesantren Ibnu Qayyim Yogyakarta, yang subyeknya adalah para siswa-siswi kelas VII. Dari data yang kami peroleh dari hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yang sangat berpengaruh dari proses belajar mengajar dengan media audio-visual. Bahkan banyak dari para peserta doidik yang tertarik dan menyukai proses pembelajaran menggunakan media audio visual. Dalam pembelajaran materi PAI pun media audio visual ini sangat cocok. Di sisilain pembelajaran audio visual ini digunakan untuk meningkatkan jiwa kekreafifan peserta didik dalam bekerjasama, disiplin, teliti dan tanggung jawab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...