Instructional Development Journal
Vol 5, No 1 (2022): IDJ

Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Work Life) dan Kerja Tim (Teamwork) Terhadap Kreativitas Guru SD Negeri di Gugus X Kecamatan Dumai Timur

Sulasmi Sulasmi (Universitas Riau, Indonesia SDN 024 Teluk Binjai)
Rr. Sri Kartikowati (Universitas Riau)
Suarman Suarman (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengungkapkan tentang pengaruh antara kualitas kehidupan kerja dan kerja tim terhadap kreativitas guru. Populasi penelitian ini adalah guru PNS SD Negeri di Gugus X Kecamatan Dumai Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan batas margin error sebesar 5% dan menggunakan teknik propotional random sampling, sampel yang ditetapkan sebanyak 65 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik pertanyaan dan kemudian dianalisis menggunakan beberapa persamaan regresi linear dan bukti hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil uji t variabel kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru SD Negeri di Gugus X Kecamatan Dumai Timur. Variabel kerja tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru SD Negeri di Gugus X Kecamatan Dumai Timur. Hasil uji statistik (uji F), secara simultan kualitas kehidupan kerja dan kerja tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru SD Negeri di Gugus X Kecamatan Dumai Timur. Berdasarkan uji t dan F, maka hipotesis diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...