Instructional Development Journal
Vol 5, No 2 (2022): IDJ

Aksentuasi Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Kepribadian Peserta Didik di Tengah Pandemi

Fitri Maulan (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)
Nabila Mayalibit (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)
Abdurrahman Abdurrahman (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)
Difa’ul Husna (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Pandemi covid-19 mengikis efektifitas sistem pendidikan Indonesia yang berakibat pada kemerosotan karakter peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari artikel ini sebagai upaya untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penulisan dalam artikel ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan (library research) yang mana dalam mendapatkan informasi dilakukan dengan teknik pengumpulan data  melalui sumber-sumber seperti buku, jurnal-jurnal, dan web (internet), serta informasi lain yang berkaitan dengan aksentuasi pendidikan karakter sebagai upaya revitalisasi kepribadian peserta didik di tengah pandemi. Penekanan atau penguatan pendidikan karakter peserta didik di tengah pandemi sangat diperlukan. Dalam hal ini pendidikan karakter yang mencoba penulis uraikan beraksentuasi dalam mengembangkan kemampuan internalisasi nilai religius, integritas, dan nasionalis serta penguatan literasi dalam keluarga sebagai upaya revitalisasi kepribadian peserta didik yang islami. Keteladanan dan pembiasaan merupakan aspek penting dalam merealisasikan pendidikan karakter terkhususnya di masa pandemi covid-19 karena pendidikan karakter merupakan bentuk konkrit dari kepribadian peserta didik yang diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hariTRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...