Masalah penelitian ini ialah bagaimana gambaran kemampuan mengapresiasi sastra para pendidik pada jenjang sekolah dasar dan bagaimana gambaran materi yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam apresiasi sastra. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran kemampuan mengapresiasi sastra para pendidik pada jenjang sekolah dasar dan untuk mengetahui materi yang dibutuhkan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuannya dalam apresiasi sastra. Kemampuan para pendidik terhadap materi apresiasi sastra memerlukan observasi atau survei. Berdasarkan uraian itu, penelitian ini akan menggunakan metode survei. Metode survei ialah metode pengamatan dan melakukan penyebaran kuisioner. Hasil pengolahan data survei ialah suatu metode untuk memperoleh bahan penyuluhan sastra, dari data itu disusun pedoman atau bahan kegiatan penyuluhan sastra yang akan dilakukan oleh Badan Bahasa, balai, dan kantor bahasa. Hasil penelitian ini akan memperoleh gambaran tentang jawaban soal dan prosentase kemampuan para pendidik dalam mengapresasi sastra. Hasil penelitian ini nantinya dapat dibuat satu model, materi khusus, sebagai upaya meningkatkan kemampuan para pendidik dalam mengapresasi sastra.
Copyrights © 2022