RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

MODEL PENGEMBANGAN PARENTING ISLAMI PADA ASPEK KETERAMPILAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK ANAK USIA 4 – 6 TAHUN

Zulfitri Yanti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Masganti Sitorus (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Khadijah Khadijah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini Aspek Keterampilan Hidup; 2) Langkah-langkah pengembangan Buku Panduan Orangtua model Parenting Islam pada Aspek Keterampilan Hidup; 3) Pelaksanaan Parenting Islami pada Aspek Keterampilan Hidup dengan menggunakan buku panduan orangtua; 4) Tanggapan peserta terhadap modul Parenting Islami pada Aspek Keterampilan Hidup; dan 5) Hasil evaluasi kegiatan Parenting Islami dengan menggunakan buku panduan orangtua. Metode digunakan adalah penelitian (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pelaksanaan Parenting Islami sebelum penelitian sebenarnya sudah ada namun tidak begitu focus dan mendetail pada pembahasan tentang keterampilan hidup anak, akan tetapi lebih focus pada pembelajaran tahfiz alquran yaitu membahas tentang hapalan-hapalan suroh, lagu, tajwid dan tata cara mengajari anak membaca alquran; 2) Langkah-langkah pengembangan Panduan Orangtua Model Parenting Islam di Ra. Al-Hikmah dilakukan dengan merujuk pada 10 langkah (research and development); 3) Pelaksanaan Parenting Islami dengan menggunakan buku panduan orangtua dilakukan di Ra. Al-Hikmah dengan tiga tahap yaitu tahap uji coba terbatas, uji coba lebih luas dan uji kelayakan model; 4) tanggapan peserta terhadap modul Parenting Islami di Ra. Al-Hikmah yaitu : sangat membantu pada aspek keterampilan hidup anak sehari-hari, sebagai panduan bagi orangtua untuk mendidik anak dalam hal keterampilan hidup untuk anak usia 4-6 tahun serta sebagai pengetahuan pada orangtua untuk melatih anak supaya hidup terampil didalam lingkungan sekitarnya sehingga bermanfaat untuk kehidupannya kelak; dan 5) hasil evaluasi pada pengetahuan, sikap dan keterampilan orangtua setelah mengikuti kegiatan Paarenting Islam dengan menggunakan buku panduan orangtua di Ra. Al-Hikmah menunjukkan perubahan yang signifikan 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...