RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA KELAS 1 SDN 001 RANAI KABUPATEN NATUNA

Lizawati Lizawati (Universitas Muhammadiyah Malang)
Romelah Romelah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan langkah- langkah penggunaan dan hasil  implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi pengenalan huruf hijaiyah berbasis multimedia di SDN 001 Ranai Kabupaten Natuna. Pendekatan penelitian ini ialah penekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, sedangkan lokasi penelitian ini di SDN 001 Ranai Kabupaten Natuna  dengan informan dalam penelitian ini guru PAI dan  peserta didik kelas 1. Penelitan ini dengan cara pengumpulan data serta menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah dari penggunaan multimedia huruf hijaiyah ketika pembelajran dikelas berlangsung meliputi: pendidik memutar audio visual tentang huruf hijaiyah dan peserta didik mendengarkan dan menirukan bacaan huruf hijaiyah secara bersama-sama, dilanjutkan guru membagi kartu  bertuliskan huruf hijaiyah dan peserta didik diminta untuk mengurutkan huruf hijaiyah mulai dari alif hingga yaa dengan maju ke depan kelas secara individu. (2) Hasil implementasi pembelajaran PAI pada materi pengenalan huruf hijaiyah berbasis multimedia menunjukan  peserta didik lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran dibanding menggunakan buku paket

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...