Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil laporan dari TIMSS yang menunjukan rendahnya kemampuan matematika matematika peserta didik Indonseia, dimana hasil tersebut menjadi pemerkuat pentingnya keberadaan kurikulum 2013. Adapun untuk memperkuat tata kelola kurikulum 2013 Pemerintah telah menyiapkan buku siswa sebagai buku acuan wajib pembelajaran di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empiris tentang mengetahui analisis aspek kognitif TIMSS pada soal latihan ajar buku ajar matematika kelas VIII kurikulum 2013 semester II.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif kepustakaan, dengan subjek penelitian adalah soal uji kompetensi tiap bab Kemendikbud. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman analisis soal berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS 2019 Assesment Framework. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 100 soal yang dianalisis diperoleh 56 soal hanya mencapai tingkat kognitif pada domain knowing dengan persentase 56%, 25 soal sudah mencapai tingkat kognitif pada domain applying dengan persentase 25% dan 19 soal sudah mencapai tingat kognitif pada domain reasoning dengan persentase 19%. Soal-soal pada domain knowing aspek kognitif yang termuat adalah recall 36.68%, measure 26.41%, retrieve 14.15%, classify dan compute 7.55%, dan recognize 5.66%. Untuk soal-soal pada domain applying, aspek kognitif yang termuat yaitu determine 60.6%, implement 36.36% dan represent 3.33%. Adapun untuk soal-soal pada domain reasoning, integrate 42.86%, analyze 35.71%, generalize dan justify 10.71%, dan evaluate 3.56%.
Copyrights © 2022