Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 5 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Berbantu Aplikasi Google Meet terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMA Negeri 1 Juwana

Ismawati, Ismawati (Unknown)
Prayito, Muhammad (Unknown)
Endahwuri, Dhian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet terhadap prestasi belajar siswa pada materi fungsi komposisi kelas X SMA Negeri 1 Juwana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Juwana. Melalui teknik simple random sampling terpilih sampel yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dengan prestasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet; (2) Rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet belum tuntas KKM; (3) Rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint berbantu aplikasi google meet lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...