MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 8, No 1 (2022): Edisi Oktober

PENGARUH GAYA MENGAJAR PERSONALISASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 065011 MEDAN SELAYANG

Yuli Dina Sary Purba (Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara)
Ribka Kariani Br. Sembiring (Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara)
Bogor Lumbanraja (Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Gaya Mengajar Personalisasi Guru berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V C SD Negeri 065011 Medan selayang. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah populasi dijadikan unit sampel yaitu 30 orang. Pada penelitian ini peneliti ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Gaya Mengajar Personalisasi Guru termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata  81,86.  Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui bahwa nilai signifikansi Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov-smirov di atas jika 0,05 maka Ha diterima (berdistribusi normal) dan jika taraf signifikan yang diperoleh 0,05 maka Ha tidak diterima (tidak berdistribusi normal). Pada pengujian kolerasi, nilai koefisien sebesar 0,665 artinya rhitung ≥ rtabel 0,361. Maka terdapat hubungan yang kuat antara Gaya Mengajar Personalisasi Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang. Hasil pengujian uji-t dimana   ≥  yaitu 4,708 1,697 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari Pengaruh Gaya Mengajar Personalisasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran matematika Kelas V SD Negeri 065011Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...