Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 3 (2021): Desember

Pengembangan Modul Matematika Pada Materi Aritmetika Sosial Di Kelas VII SMP/Mts

Adriansyah, Rivo Dwi (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Siagian, Teddy Alfra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul matematika pada materi arimetika sosial di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (research dan development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, and Evaluate). Pemilihan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP yang terdiri dari 25 orang peserta didik untuk uji praktisitas dan 26 orang peserta didik untuk uji efektivitas. Tahapan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji praktisitas dan uji efektivitas. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah lembar validasi modul, lembar praktisitas dan lembar efektivitas. Hasil uji validitas mendapat skor 4.26, uji praktisitas mendapat skor 4.19 dan uji efektivitas mendapat skor 4.066. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid, praktis, dan efektif.Kata kunci : modul, penelitian dan pengembangan, hasil pengembangan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...