Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 3 (2021): Desember

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Hitung Aljabar Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu

Hapid, Cahayau Gafar (Unknown)
Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Maizora, Syafdi (Unknown)
Agustinsa, Ringki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Sebanyak 25 siswa kelas VII F dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sebanyak 92% siswa melakukan kesalahan operasi hitung penjumlahan bentuk aljabar dan 100% siswa melakukan kesalahan operasi hitung pengurangan bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar yaitu: a) kesalahan menyalin data, b) kesalahan operasi suku tak sejenis, c) kesalahan operasi suku sejenis, d) kesalahan mengabaikan data penting yang diberikan, e) kesalahan perhitungan.Kata Kunci: Analisis, Deskriptif, Jenis Kesalahan, Operasi Hitung Aljabar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...