Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
Vol 9, No 2 (2022): Volume 9 No. 2, November 2022

PERSEPSI SISWA TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING/PjBL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG

Mimi Sri Irfadila Megasari Martin (2Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Seiring dengan banyaknya perubahan paradigma dalam pembelajaran setelah Covid-19, kurikulum di Indonesia juga mengalami perubahan. Karakteristik dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang berlaku saat ini adalah memperlihatkan keaktifan siswa daam belajar melalui sejumlah proyek. Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dibasiskan pada model pemebelajaran berbasis proyek atau disebut juga dengan PjBL. Implementasi dari PjBL ini perlu ditinjau apakah sesuai dengan kebutuhan siswa dan pembelajaran. peneltian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi siswa terhadap implementasi PjBL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Muhammadiyah Padangpanjang dengan jumlah 30 orang siswa. Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata 38% siswa menyatakan sangat setuju bahwa PjBL memberikan pengaruh dan membantu siswa untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti pembelajaran. Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Persepsi Siswa, Project Based Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inovasipendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, ...