Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap hasil menulis iklas poster siswa kelas VIII SMP Nasional Sariputra Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SMP Nasional Sariputra Jambi. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A dan VIII B. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Dalam penelitian ini teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Hipotesis. Dalam penelitian ini penghitungan uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk, dengan pengolahan menggunakan program SPSS statistic 25 dengan sig > 0,05. Untuk menghitung homogenitas varians dalam penelitian ini menggunakan rumus Lavene Statistic pada program SPSS stastistic 25 dengan nilai sig > 0,05. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini ialah perbandingan dua variable bebas (uji-t). Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui, bahwa hasil menulis iklan poster siswa menggunakan aplikasi canva berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan taraf sig < 0,05, dan hasil karya yang telah di kerjakan siswa menggunakan aplikasi canva dapat menjadi portofolio digital.Kata Kunci : Canva, Hasil Belajar, Iklan Poster
Copyrights © 2022