Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 4 (2022): Edisi November 2022

Efektivitas Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMK Pancasakti Makassar

Harnipa Harnipa (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pancasakti Makassar)
I Gede Purwana Edi Saputra (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Nurhikmah Hasan (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pancasakti Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan inkuiri pada hasil belajar fisika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pancasakti, semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpul data yang digunakan yakni tes hasil belajar koognitif siswa dan lembar observasi kekatifan dan sikap belajar siswa untuk aspek psikomotorik dan afektif. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 78,4, pada aspek psikomotorik diperoleh skor rata-rata sebesar 79.46, dan untuk aspek afektif diperoleh skor rata-rata sebesar 12,71. Dari hasil analisis inferensial  untuk aspek kognitif diperoleh Zhitung = 1,46 < Ztabel = 1,64, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa untuk aspek kognitif hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi atau persentase siswa yang mencapai KKM > 75%.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...