Penelitian ini menggunakan systematic literature review yang bertujuan untuk (1) mengidentifikasi topik penelitian, (2) subtema penelitian, (c) metode penelitian, dan (d) hasil penelitian menyangkut trend penelitian inklusif di sekolah dasar Indonesia. Penelitian ini dianalisis menggunakan model PRISMA yaitu menelusuri berbagai literatur yang memiliki tema yang memiliki kesamaan. Penelusuran artikel difokuskan pada database SINTA. Model PRISMA dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu identifikasi, seleksi, klasifikasi, dan inklusi. Dari tahapan tersebut 37 artikel yang dianalisis untuk memperoleh gambaran temuan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa tiga tema utama yang menjadi trend penelitian inklusif di Indonesia adalah implementasi Pendidikan inklusif, kebijakan Pendidikan inklusif dan proses belajar mengajar dalam Pendidikan inklusif. Secara umum, analisis literature review menggambarkan bahwa penyelenggaraan Pendidikan inklusif berjalan sesuai dengan harapan dimana sekolah sekolah umum sudah mulai menerima keberadaan anak disabilitas dalam satu momen pembelajaran, tidak ada diskriminasi terhadap mereka baik oleh guru maupun siswa itu sendiri. Walaupun demikian, peyelenggaran Pendidikan inklusif terkendala oleh minimnya sumber daya manusia yang expert dalam penanganan anak berkebituhan khusus, sehingga guru diharapkan dapat memperoleh pendampingan dan penguatan kompetensi dalam mendukung pembelajaran yang lebih baik
Copyrights © 2022