Indonesia Berdaya
Vol 3, No 4: August-October 2022

Integrasi TPACK pada Pembelajaran Virtual: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

Rulyansah, Afib (Unknown)
Budiarti, Rizqi Putri Nourma (Unknown)
Mardhotillah, Rachma Rizqina (Unknown)
Basuki, Edi Pujo (Unknown)
Wardhani, Rifka Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Dengan bantuan kursus ini, guru akan dapat membuat perangkat pembelajaran berorientasi TPACK untuk digunakan dalam kursus online. Selain itu, pelaksanaan program ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian guru SDN Jatiadi II, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo dalam hal inovasi pendidikan. Ada dua langkah yang terlibat dalam proses tersebut. Tahap pertama adalah tiga hari pelatihan online pada 19, 21, dan 22 Juli 2021, dilanjutkan dengan dua hari pendampingan pada semester berikutnya pada Oktober 2021. Ada 26 JP konten yang akan disampaikan, yang semuanya berkaitan dengan TPACK konsep pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran TPACK, dan penerapan model peer teaching yang baru. Kebutuhan materi program ini memerlukan koordinasi yang cepat dengan BKS, dan disepakati bahwa pelatihan akan dilakukan secara online. Karena menggabungkan model sinkron dan asinkron, program pelatihan ini akan terus efektif. Untuk masalah yang muncul di antara mitra, program ini terbukti menjadi solusi yang efektif. Pelatihan ini dapat membantu guru lebih memahami pembelajaran berorientasi TPACK. Guru yang kurang yakin dengan konsep dan implementasi pembelajaran TPACK kini lebih percaya diri dengan kemampuannya. Motivasi guru juga tinggi selama pelatihan. Adanya peningkatan pengetahuan dan kepercayaan diri guru mitra sebagai hasil dari program tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...