JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 24 No. 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan

Augmented Reality Visualization through Multirepresentations Approach in Chemistry Based on Qur’anic to Improve Cognitive Learning Outcomes

Rizal Ramadhan, Mochammad (Unknown)
Najib Fahmi, M. Iqbal (Unknown)
Mutiara Hasanah, Samudra (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

media melalui visualisasi augmented reality berbasis pembelajaran al-Qur'an, dan mengkaji sejauh mana hasil belajar siswa yang menggunakan media tersebut. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) digunakan untuk mengembangkan media. Berdasarkan temuan penelitian, media yang dikembangkan berupa buku berbasis smartphone dan berhasil divalidasi relevansinya oleh ahli media, ahli materi, guru, peer reviewer, dan siswa. Secara khusus, validasi mengungkapkan (1) 87,27% untuk relevansi produk; (2) 90,66% untuk materi IPA Al-Qur'an; (3) 82,85% untuk tanggapan peer reviewer dan guru; dan (4) 86,2% untuk respon siswa, khususnya pada materi multirepresentasi kimia (tingkat makroskopis, submikroskopis, dan simbolik). Implementasi yang dilakukan terhadap 100 siswa, menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh positif dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran al-Qur'an dan kimia. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba pretest dan posttest menggunakan analisis paired sample t-test terhadap 50 siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang Teknologi Pendidikan. Jurnal ini terbit 3 kali setahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...