Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika yang diperlukan oleh siswa, namun Setiap individu memiliki perbedaan kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah maupun menangkap informasi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa ditinjau dari gaya kognitif yaitu field dependent dan field independent pada model pada soal open-ended. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Seluruh siswa kelas VII SMP SICH Jombang sebagai populasi dan dengan menggunakan teknik cluster sampling terpilih siswa kelas VII sebagai sampel. Subjek penelitian ini adalah dua siswa kelas VII SMP SICH Jombang, yang dipilih satu siswa dengan gaya kognitif field dependent dan satu siswa dengan gaya kognitif field independent. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin (1973). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/ verifikasi. Indikator dari penelitian ini adalah: (1) siswa menjelaskan secara tulisan apa saja yang diketahui dan ditanyakan, (2) siswa menghubungkan ide matematika dengan penggunaan rumus yang tepat serta mampu menjelaskan, (3) Siswa menuliskan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan lengkap dan jelas, (4) siswa menyusun pendapat dan merumuskan definisi, (5) siswa menghubungkan benda/situasi nyata ke dalam ide matematika berbentuk gambar/diagram, (6) siswa menjelaskan ide, situasi, dan relasi (hubungan) matematika secara tulisan dengan benda nyata dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis tulis siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal open-ended belum melaksanakan semua indikator dalam penelitian, sedangkan siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal open-ended sudah melaksanakan semua indikator dalam penelitian.
Copyrights © 2022