Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran CTL berbasis model E-PBL pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk yang dapat meningkatkan motivasi dan life skill serta kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian ini dirancang sebagai studi pengembangan dan dilakukan dalam 4 fase, yaitu fase yang meliputi define, design, develop, dan disebarluaskan. Perancangan ini juga melibatkan para ahli untuk memvalidasi pengembangan pendekatan pembelajaran kewirausahaan melalui model E-PBL untuk menghasilkan masukan bagi produksi buku teks kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan formulir observasi aktivitas siswa, tes tertulis dan angket. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Nganjuk, dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi dari ahli mata kuliah kewirausahaan dan tim ahli desain pembelajaran layak diterapkan dalam pembelajaran mata kuliah kewirausahaan. Hasil pengembangan pembelajaran kewirausahaan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual melalui modelĀ Electronic Problem Based Learning (E-PBL) akan membentuk sikap kewirausahaan dan kompetensi soft skill mahasiswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah kewirausahaan.
Copyrights © 2022