Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 4, No 1 (2022): Fourth Prosiding Conference on Research and Community Services

PENGARUH GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Faridatul Masruroh (Unknown)
Tri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Jombang kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Satu kelas yang terdiri atas 23 siswa dipilih secara purposive sampling untuk sampel penelitian. Sebanyak 12 siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD), sedangkan 11 siswa lainnya memiliki gaya kognitif field independent (FI). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu GEFT dan Tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah gaya kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MAN 3 Jombang kelas XI melalui hubungan linear  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...