Kemampuan berpikir kritisĀ  sangat berperan dalam suatuĀ  kegiatan pembelajaran. Karakteristik dalam berpikir kritis idealnya memiliki beberapa kriteria atau elemen dasar yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity and Overview atau disingkat FRISCO. Soal HOTS merupakan soal dengan situasi nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam permasalahan yang konstektual. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMK Darul Ulum Kepuhdoko (Mitra), permasalahan yang dihadapi mitra adalah kemampuan berpikir kritis yang masih rendah dan kurang maksimalnya guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini berusaha menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti. Subjek pada penelitian ini adalah 1 siswa dengan kemampuan tinggi dan 1 siswa dengan kemampuan sedang dari siswa SMK Darul Ulum Kepuhdoko kelas X TKR 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Subjek AEK dan I mampu memenuhi enam indikator kemampuan berpikir kritis pada soal matriks tipe HOTS yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview (FRISCO). Subjek AEK mampu memaksimalkan hasil dari pengerjaan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa untuk semua indikatornya sehingga nilai yang didapat juga maksimal sedangkan subjek I kurang maksimal dalam hasil pengerjaannya, terlihat dari kurangnya ketelitian dalam menjawab soal sehingga capaian indikator inference, situation dan overview kurang maksimal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022