Jurnal Humaniora Teknologi
Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Humaniora Teknologi

Efektivitas Blended Learning Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Tekad Budiantoro (Politeknik Negeri Tanah Laut)
Karolina (Politeknik Negeri Tanah Laut)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas penerapan blended learning pada mata kuliah Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada semester genap 2020/2021. Subyek penelitian adalah 50 orang mahasiswa Prodi Akuntansi. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan 3 cara yakni, (1) menganalisis secara deskriptif dari hasil rata-rata tes hasil belajar, (2) menganalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan untuk mendeskripsikan signifikan atau tidak nya perbedaan hasil pretest dan posttest, (3) menganalisis dengan uji n-gain untuk mengetahui level efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rerata pretest adalah 13,56 dan rerata posttest adalah 77,14. Hasil sig 2 tailed dari uji-t berpasangan lebih kecil dari 0.05 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. N-gain score adalah 0,74 yang berarti efektivitasnya memiliki kategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan blended learning pada mata kuliah Bahasa Indonesia efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jht

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Humaniora Teknologi (JHT) diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Tanah Laut dalam dua kali setahun dengan No. ISSN Online : 2614-3682 dan ISSN Print : 2443-1842. Jurnal Humaniora Teknologi (JHT) merupakan jurnal ilmiah dalam bidang humaniora ...