JUKANTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP FISIKA SELAMA PANDEMI

Rizka Febrianti Abdul Rohim (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Kirana Mahardhika (Unknown)
Siti Mariyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa selama pandemi dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dalam konteks ini media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa untuk membantu penyampaian bahan ajar sehingga mengaktifkan kegiatan pembelajaran daring selama pandemi. Berdasarkan hasil analisis jurnal yang relevan mengindikasikan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran non-interaktif seperti Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, dan WhatsApp Group belum optimal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan penggunaannya masih banyak kendala serta keterbatasan dalam proses pembelajaran. Namun, penggunaan media pembelajaran non-interaktif berbantu media pembelajaran interaktif seperti, quipper, moodle, Microsoft Teams, dan edmodo dapat lebih meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi fisika selama pandemi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jukanti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Artificial Intelligence & Application, Computer Networking & Security, Computer-Based Multimedia Retrievel, Decision Suport System, Data Warehouse & Data Mining, E-System, Fuzzy Logic, Geographics Information System (GIS), Human & Computer Interaction, Image Processing, Information System, Mobile ...