JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 8, No 2 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Android pada Kelas VI Sekolah Dasar

Nurdiyanti, Suci (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Fatimah, Fatia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar guru sudah mulai mengintegrasikan teknologi kedalam proses pembelajaran namun masih perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi masalah tersebut guru perlu berinovasi dalam  mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan penelitian model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk wawancara, angket, dan tes untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran berbasis android berdasarkan hasil analisis dan validasi oleh ahli materi dengan nilai 53,79 % berada pada pada kategori valid, validasi oleh ahli media dengan nilai 57,93% berada pada pada kategori valid, validasi oleh ahli bahasa dengan nilai 15,86% berada pada pada kategori valid. praktikalitas media pembelajaran berbasis android  memiliki nilai 80.00% dengan kategori sangat praktis,dan efektivitas media pembelajan berbasis android  memiliki nilai 81.64% dengan kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...