ABSTRAKPenelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh dari penggunakan teknik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desai penelitian Nonequivalent control group desaign. Penlitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Jogorogo 1 Kecamatan Kedunggalar Kabupten Ngawi. Secara keseluruhan SD Negeri di ngawi sebanyak 509. Populasi dari penelitian ini yaitu 261 siswa, sampel yang digunakan penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Untuk pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes berupa pilihan ganda. Setelah data terkumpul dilakukan uji hipotesis uji T Paired Sample oleh peneliti untuk menentuka pengaruh metode jarimatika pada pembelajaran perkalian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian uji ti testi diperolehi nilaii t hitungi sebesari 2,043i lebihi besari idari ti tabeli sebesari 2,007i (2,043>2,007)i dani nilaii signifikansii sebesari 0,046i lebihi kecili darii i0,05 (0,046<0,05)i padai tarafi signifikansii 5%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa teknik jarimatika berpengaruh terhadap keterampilan berhitung pada siswa sekolah dasar di SDN Jogorogo 1 Kabupaten Ngawi.Kata kunci: Teknik jarimatika, perkalian, hitung perkalian
Copyrights © 2022