Penelitian ini di latar belakangi dengan rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran IPA, permasalahan ini dikarenakan guru yang masih menggunakan metode ceramah pada saat kegiatan pembelajaran IPA berlangsung. Sehingga penulis tergerak untuk meneliti sambil memberikan solusi dengan menerapkan pendekatan alam sekitar. Adapun tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatkan alam disekitar. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan posttest-only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan alam sekitar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji t telah diketahui nilai t hitung sebesar 3,936 > 1.690 serta nilai signifikansinya sebesar 0,000 bahwa nilai signifikansinya < 0,05. Kemudian dilihat dari hasil R-Square bahwa terdapat pengaruh sebesarh 8,5%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait. . Kata kunci: Pemanfaatan Alam Sekitar, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA
Copyrights © 2022