JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa
Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring

Durrotunnisa Durrotunnisa (Universitas Tadulako)
Gadis Harum Sari (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikansi 95% (ɑ= 0,05%). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 310 orang, yang diambil secara Proportionate Stratified Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat penyesuaian diri siswa pada kategori sangat tinggi 10,97%, tinggi 80i, rendah 9,03% dan perolehan rata-rata penyesuaian diri siswa 69,73% selanjutnya tingkat minat belajar siswa sangat tinggi 28,70%, tinggi 61,61%, rendah 9,35% dan 0,32% siswa memiliki minat belajar sangat rendah serta perolehan rata-rata minat belajar siswa 73,61%. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat hubungan positif antara penyesuaian diri dan minat belajar siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di SMAN 2 Palu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurkam

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is published 2 (two) times a year in February and August with peer-reviewed and open access process. Has p-ISSN: 2549-1857 and e-ISSN: 2549-4279, , published by Study Program Guidance and Counseling STKIP Andi Mattappa Pangkep. JURKAM publishes writings / ...