JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa
Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Program Konseling Sebaya Sebagai Model Bantuan Masalah Psikologis Pada Masa Pandemi Covid-19

Abdullah Pandang (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Danial (Universitas Sulawesi Barat)
Hardi Hamzah (Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah program konseling sebaya antar siswa SMA sederajat yang dapat digunakan secara efektif setelah memenuhi tahapan penilaian produk yang dibutuhkan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Kegiatan pengembangan terutama didasarkan pada alur kerja dan tahapan yang dipakai dalam pengembangan teknologi pendidikan dikombinasi dengan  beberapa pendekatan dan jenis penelitian dan evaluasi. Tahapan umum pengembangan menggunakan langkah-langkah dalam model Courseware Development Process (model CDP). Dalam rangka implementasi kegiatan penelitian, keenam fase pengembangan yang ada dalam Model CDP dikelompokkan ke dalam tiga tahapan kegiatan utama, analisis kebutuhan, perancangan dan penyusunan prototipe, serta validasi model. Subjek dalam penelitian ini meliputi pihak-pihak yang diharapkan memberikan informasi penilaian produk yang meliputi: (1) informan analisis kebutuhan lapangan yang meliputi siswa dan guru Bimbingan Konseling (BK) (2) ahli dalam bidang konseling (expert judge) (3) subjek target pengguna yang meliputi siswa SMA, dan (4) target calon penerima manfaat yaitu siswa pada satuan pendidikan yang sesuai dengan level produk. Setelah produk dikembangkan dilakukan penilaian kualitas produk dengan analisis pakar yang dihasilkan kategori tinggi nilai (85,83) untuk aspek isi, nilai kategori tinggi (88,75) untuk Aspek Bahasa dan Tampilan, serta kriteria tinggi (88,75) untuk aspek utilitas dan kelayakan. Dengan data tersebut maka model KOSAS yang dikembangkan untuk mengakomodir konseling sebaya siswa SMA sederajat layak dimanfaatkan oleh satuan Pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurkam

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is published 2 (two) times a year in February and August with peer-reviewed and open access process. Has p-ISSN: 2549-1857 and e-ISSN: 2549-4279, , published by Study Program Guidance and Counseling STKIP Andi Mattappa Pangkep. JURKAM publishes writings / ...