Penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks perlu ditinjau secara komprehensif, khususnya penerapan dalam proses pembelajaran menulis teks anekdot. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan penerapan penilaian autentik guru bahasa Indonesia SMAN 1 Wera dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini pada SMAN 1 Wera, responden penelitian ini berjumlah lima responden diantaranya satu orang wakil kepala sekolah/wakil kurikulum, dua orang guru bahasa indonesia dan dua orang peserta didik masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMAN 1 Wera bahwa guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks anekdot yakni melakukan persiapan sebelum pelaksanaan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik dilakukan secara menyeluruh dari mulai perencanaan pembelajaran sampai pelaporan proses pembelajaran, dan penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks anekdot yakni melalui aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta guru- guru dalam melakukan pelaporan penilaian autentik khususnya dalam pembelajaran menulis teks anekdot, dari ranah penilaian pengetahuan dalam teknis tes tulis, tes lisan, penugasan, dan penilaian keterampilan menggunakan teknik kinerja dan proyek. Secara keseluruhan penerapan penilaian autentik dapat melatih guru khususnya guru bahasa Indonesia karena penilaian autentik dapat mendorong kreativitas peserta didik, terutama dalam pembelajaran menulis teks.
Copyrights © 2022