Pengenalan angka menggunakan permainan CD ajaib dapat membantu anak pada proses kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan benda yang ada di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan CD ajaib terhadap kemampuan pengenalan angka pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas Al-Quddus (kontrol) dan kelas Ar-Rahim (eksperimen) yang masing-masing terdiri dari 15 orang anak. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil nilai uji t menunjukkan thitung dan ttabel yaitu 8,18 > 1,70, sehingga dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain permainan CD ajaib dapat mempengaruhi kemampuan pengenalan angka pada anak usia dini dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran menulis dan menyebutkan angka pada gambar-gambar.
Copyrights © 2022