EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Program “Ratu Dongeng” di Desa Pempatan

Ni Komang Ayu Suri Nadi (ITP Markandeya Bali, Indonesia)
Pande Agus Adiwijaya (ITP Markandeya Bali, Indonesia)
Md Andhi Supriatna Arna (ITP Markandeya Bali, Indonesia)
I Nengah Sueca (ITP Markandeya Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada siswa melalui kegiatan Ratu Dongeng dalam pembentukan karakter siswa. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang berbasis Ratu Dongeng di Desa Pempatan, Bali. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif sederhana. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket. Angket diberikan kepada responden sebagai alat untuk mengukur pembentukan karakter bangsa dalam kegiatan Ratu Dongeng. Data yang terkumpul dianalisa secara univariat. Hasil penelitian kegiatan Ratu Dongeng ini dapat menguatkan 9 dimensi nilai-nilai karakter yang mendapatkan respons sangat sesuai, yaitu religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, gemar membaca dan tanggung jawab. Terdapat 7 nilai karakter lainnya yang mendapatkan respon sesuai, yaitu jujur, toleransi, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Dimensi nilai karakter kreatif dan demokratis mendapatkan respon yang kurang sesuai. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan dari 18 dimensi nilai karakter dalam kegiatan Ratu Dongeng saling menguatkan, hanya saja ada 2 dimensi nilai karakter yang kurang sesuai, yaitu Kreatif dan Demokratif maka dari itu peneliti memiliki saran untuk kegiatan Ratu dongeng ini tetap dilaksanakan untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...