EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Perbandingan Kepuasan Pemakaian Diskusi Face to Face dengan Diskusi Online dalam Peningkatan Ketangkasan Intelektual Mahasiswa

Santi Arafah (Universitas Potensi Utama)
Juliana Juliana (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Diskusi merupakan sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok yang bertujuan untuk memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Keberadaan diskusi ini sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran khususnya dalam meningkatkan ketangkasan intelektual mahasiswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat perbandingan tingkat kepuasan pemakaian diskusi face to face dengan diskusi online dalam meningkatkan ketangkasan intelektul mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode perbandingan dengan menggunakan uji independent sampel T test dan uji chi square. Hasil penelitian ini ialah kepuasan pemakaian diskusi face to face sebesar 97% merasa puas sedangkan 3% lagi tidak merasa puas. Sedangkan untuk kepuasan pemakaian diskusi online sebesar 89% merasa puas sedangkan 11% lagi tidak puas. Sedangkan, hasil uji Independent t test terlihat bahwa nilai sig F hitung untuk penghasilan dengan Equal Variance Assumed adalah 0,735. Oleh karena itu sig F hitung > 0,05 dan hasil Uji Chi Square nilai Asymp sig adalah 0,01 < 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai chi square hitung adalah 10,643 > chi square tabel yaitu 3,84. Maka, dapat dijelaskan bahwa pemakaian diskusi face to face lebih efektif daripada diskusi online dikarenakan diskusi ini berlangsung dengan lebih fokus dan peserta dapat bertanya secara langsung kepada para pembicara tanpa terkendala apapun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...