EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan Video “Kerinda : Kerajaan Hindu-Buddha” serta Games Wordwall sebagai Media Belajar IPS di Sekolah Dasar

Yoan Indah Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Rizka Amalia (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dadan Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Masuknya teknologi ke dalam dunia pendidikan akan berdampak baik, terjadinya perubahan-perubahan baru seperti motode, media pembelajaran dan lain sebagainya. Adanya teknologi akan memberi warna baru terutama dalam media pembelajaran. Kemampuan guru dalam melakukan sebuah inovasi dan berkreasi harus terus diasah, guru harus bisa memberikan warna baru kepada peserta didik agar peserta didik tidak bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media video serta games sebagai media belajar atau media pembelajaran pada materi Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara pada mata pelajaran IPS di kelas VI Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah  Design and Development (D&D). Hasil penelitian ini penelitian pengembangan media video “KERINDA : Kerajaan Hindu-Buddha” serta Games Wordwall sebagai media belajar IPS di sekolah dasar dapat disimpulkan SANGAT BAIK (SB) dengan skor rata-rata persentase tingkat pencapaian sebesar 88% dari segi materi dan desain media. Serta, memperoleh skor rata-rata presentase tingkat pencapaian sebesar 83% atau interpretasi SANGAT BAIK (SB) dari segi ujicoba oleh pengguna yakni siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...