EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Kontribusi Penanggulangan Stres dan Penghargaan Diri pada Keadaan Psikologi Wanita yang Bercerai

Silfia Rahmah (Universitas Negeri Padang)
Neviyarni Neviyarni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi coping stress dan self esteem terhadap psychological well-being wanita bercerai, dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita bercerai yang terjadi pada tahun 2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel berjumlah 77 orang, instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa coping stress dan self esteem terhadap psychological well-being wanita bercerai sebesar 38,8%. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis yang dibutuhkan dalam pembuatan program layanan bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...