EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Media Sosial Berbasis Aplikasi Tik Tok

Jamirullah Jamirullah (STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia)
Ika Lis Mariatun (STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia)
R Zaiful Areif (STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan sebagai pengembangan media pembelajaran konten tik tok sebagai media pembelajaran pada materi jurnal umum jurusan IPS SMA Negeri 1 Blega tahun ajaran 2022/2023. Penelitian pengembengan ini menggunakanResearch and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwamedia pembelajaran berbasis aplikasi tik tok pada pelajaran akuntansi di sekolah menengah atas sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung. Hal ini terbukti dari hasil analisis dari validator ahli materi 3,9 dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh nilai 3,1 dengan kategori sangat layak, penilaian praktisi pembelajaran (Guru) memperoleh nilai 3,9 dengan kategori sangat layak, dan penilaian dari praktisi pembelajarn (Siswa) memperoleh 3,8 dengan kategori sangat layak. Dan media pembelajaran berbasis konten tik tok mampu meningkatkan proses perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan Gain score sebesar 0,51 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...