EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022)

Strategi Redirin Co-Grow pada Supervisi Manajerial Analisis Konteks Meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Binaan

Dian Peniasiani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Redirin Co-Grow pada supervisi manajerial analisis konteks meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah binaan. Strategi ini telah berhasil memberikan perubahan sikap kepala sekolah, kinerja kepala sekolah yang lebih baik, menumbuhkan motivasi kepala sekolah, sehingga kompetensi manajerial kepala sekolah dapat berkembang secara optimal. Analisis konteks yang dilakukan bersama tim pengembang sekolah dengan alur prosedur kerja yang benar menghasilkan gambaran profil sekolah yang sesuai dengan kondisi nyata. Pada akhirnya, hasil analisis konteks dapat dijadikan acuan untuk menyusun kurikulum sekolah dan berbagai rencana sekolah untuk berbagai jenjang perencanaan. Sebagai hasil dari penerapan strategi Co-GROW Redirin, kompetensi manajerial Kepala Sekolah juga mendapatkan peningkatan yang diharapkan. Dengan demikian strategi Redirin Co-GROW terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam kegiatan supervisi manajerial dalam konteks analisis sekolah binaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...