EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022)

Efektivitas Program Kartu Jakarta Pintar di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Mengurangi Putus Sekolah di DKI Jakarta

Fatikhatus Sa'adah (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Iva Sarifah (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Imaningtyas Imaningtyas (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Pendidikan merupakan satu hal yang penting untuk masa depan seorang anak untuk generasi bangsa, namun kenyataanya banyak anak yang harus rela mengorbankan sekolahnya karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang baik. Badan Pusa Statistik (BPS) mencatat bahwa persentase kemiskinan penduduk di DKI Jakarta sebesar 4,69% per maret 2022. Angka ini meningkat 0,02 poin dari bulan September 2021 dengan presentase sebesar 4,67 %. Persentase 4,69% merupakan angka tertinggi kedua, dimana DKI Jakarta pernah mengalami angka kemiskinan dengan persentase 4,72%. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan gambaran tentang program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menekan angka putus sekolah untuk usia sekolah dasar terletak di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Grounded Theory. Tahapan dari grounded theory dimulai dari menganalisis permasalahan yang ada dilapangan, menelaah studi literasi yang relevan dengan permasalahan, dilanjutkan dengan pengumpulan data serta penganalisisan data untuk ditarik suatu kesimpulan akhir. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kefeektifan suatu program dapat dilihat dari 3 indikator yaitu 3 indikator, yang pertama adalah rata-rata lama sekolah, kemudian rasio guru-murid murid-kelas dan angka partisipasi kasar. Ketiga indikator tersebut dapat dijadikan patokan sebagai salah satu cara untuk melihat keefektivitas suatu program yang dijalankan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...