EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022)

Penguatan Moderasi Beragama dan Bela Negara dalam Kurikulum Mata Kuliah Wajib Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Suprima Suprima (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Marina Ery Setiyawati (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Yuliana Yuli W (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil dokumen perencanaan perkuliahan Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bela Negara. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Dari hasil analisis data sekunder yang berupa dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama dan bela negara dalam kurikulum Mata Kuliah Wajib Universitas, telah dilakukan melalui Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara. Dalam rencana pembelajaran semester tersebut, mengajarkan sekaligus menanamkan moderasi beragama dan nilai-nilai bela negara kepada mahasiswa. Penguatan moderasi beragama dan bela negara yang dimaksud adalah berfokus kepada aspek integritas, solidaritas, cintah tanah air, rela berkorban, memiliki kemampuan awal bela negara, sadar berbangsa dan bernegara, serta meyakini Pancasila sebagai dasar negara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...