EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Mahasiswa PIAUD Era Society 5.0

Renda Nur Rofiah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Na’imah Na’imah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Mustajab Mustajab (Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember)
Riyas Rahmawati (Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember)
Soffy Fitri Rahayu (Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Pendidikan era society 5.0 memprioritaskan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Seharusnya pendidik harus berupaya adaptif terhadap perubahan tersebut. Namun, masih banyak ditemui masalah-masalah dalam proses pembelajaran. Kondisi pembelajaran di jenjang perguruan tinggi belum mampu merubah secara nyata wawasan dan perilaku mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran mahasiswa PIAUD era society 5.0. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dimanfaatkan dalam pembelajaran mahasiswa PIAUD untuk menuangkan hasil karya mereka berupa infografis yang telah didesign menggunakan berbagai aplikasi. Melalui pemanfaatan media sosial tersebut mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan literasi digital dan mengasah kreativitas. Selain itu, mahasiswa juga dapat mensosialisasikan materi parenting kepada pengguna sosial media

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...