EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan Dokumen Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Firda Zakiyatur Rofi’ah (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)
Siti Labiba Kusna (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Mutu sebuah hasil dipengaruhi oleh unsur yang terletak pada prosesnya. Adapun beberapa unsur pada proses pendidikan, yaitu: pendidik, sarana prasarana, dan kurikulum. Kurikulum merupakan sebuah rencana dalam bentuk dokumen tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran mengatur mengenai tujuan, strategi, materi, serta penilaian pembelajaran dalam pencapaian tujuan pendidikan. Pengembangan kurikulum ialah perancangan dan penyusunan kurikulum sebagai panduan pelaksanaan pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Dengan begitu, keberadaan dokumen kurikulum merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap mutu pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dokumen kurikulum Prodi PGMI UNUGIRI Bojonegoro. Berdasarkan tujuan yang tertera, maka metode yang tepat adalah deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ialah dokumen kurikulum PGMI UNUGIRI Bojonegoro terdiri atas: 1) Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terdiri dari empat ranah, meliputi ranah sikap, pengetahuan, keterampilan umum - khusus. 2) Tata susunan mata kuliahnya. Pembentukan dari mata kuliah yang diawali dengan pembuatan matriks, menghubungkan rumusan CPL sikap, pengetahuan,  keterampilan umum, dan keterampilan khusus dengan bahan kajian agar keterkaitannya terjamin. 3) Rumusan semua mata kuliah. Seluruh mata kuliah berjumlah 61 tersebar pada delapan semester. 4) RPS. Perencanaan mengenai implementasi pembelajaran pada setiap pertemuan dituangkan dalam RPS setiap mata kuliah. Adapun panduan dalam penyusunan RPS sesuai Permendikbud No. 3 tahun 2020 pasal 12 ayat 3.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...