Pendidikan formal khususnya sekolah dasar, ibaratkan pondasi dalam upaya membentuk karakter dan komptensi siswa, agar nantinya bisa lebih mudah terarah dijenjang pendidikan selanjutnya. Permasalahan yang dialami dijenjang sekolah dasar yakni masih adanya sebagian siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah, rendahnya hasil belajar sebagian siswa sekolah dasar jika dibiarkan akan berdampak sistemik baik bagi kompetensi siswa dan maupun kuliatas lulusan, tujuan penelitian untuk menemukan fakta tentang efektifitas model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan atau kajian literatur. Maka dengan menggunakan pendekatan kualitatif penelitian ini diharapkan bisa memberikan fakta-fakta secara komprehensif tentang efektivitas model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwasanya dari 8 jurnal penelitian penerapan model pembelajaran problem based learning di sekolah dasar sebagai sumber data, menemukan bahwa model pembelajaran based learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Efektifitas model pembelajaran based learning dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar bisa menjadi refrensi bahkan sebagai opsi dalam memilih model pembelajaran. Dalam implementasi model pembelajaran problem based learning di sekolah dasar bijkanya memerhatikan kesuaian dengan materi, kesesuain dengan karakteristik siswa dan ketersedian sarana sebagai pendukung pembelajaran
Copyrights © 2022