EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Analisis Multiple Intelegensi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Andi Lely Nurmaya G (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Irsan Irsan (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Suarti Suarti (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Gawise Gawise (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Harisal Siompu (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Pendekatan Multiple Intelligences sangat baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran karena semua siswa mempunyai  kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan multiple intelligences terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitaif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil dalam penelitian ini berdasarkan hasil kuesioner tentang analisis multiple intelgensi siswa terhadap prestasi belajar yaitu kecerdasan linguistik sebanyak 0 orang atau 0%, kecerdasasn logis-matematis 5 orang atau 19 %, kecerdasan spasial sebanyak 0 orang atau 0%, kecerdasan musikal sebanyak 4 orang atau 15%, kecerdasan kinestetik  sebanyak 6 orang atau 23%, kecerdasan interpersonal sebanyak 2 orang atau 8 %, kecerdasan intrapersonal sebanyak 3 orang atau 12%, kecerdasan naturalis sebanyak 4orang atau 15%, dan kecerdasan eksistensial sebanyak 2 oarang atau 8%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...